Sesmi Anggia

Sesmi Anggia, S.Pd. Lahir di Kota Gelamai Payakumbuh tepatnya Koto Nan Gadang, 27 Juli 1963. Bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Kec. Payakumbuh Kab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Triks Menghilangkan Grogi

Triks Menghilangkan Grogi

Grogi adalah perasaan takut salah atau kurang percaya diri untuk melakukan sesuatu. Pada hal kepercayaan diri itu sangat penting dimiliki oleh seseorang. Tampa ada kepercayaan diri tentunya semua rasa dan keinginan akan tersimpan. Jika kepercayaan diri sudah tertanam satu di antaranya bisa menghilangkan rasa takut salah. Selanjutnya grogi pun akan tersingkir.

Grogi termasuk suatu penyakit yang harus dicarikan obatnya. Obat tersebut tidak akan ditemukan di apotek atau rumah sakit. Akan tetapi, berusaha mencari triks menghilangkannya. Berikut triks yang dicobakan di SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh kepada siswa-siswa yang merasa kurang percaya diri untuk berbicara dihadapan temannta. Pada hal mereka mempunyai ide dan ilmu yang cemerlang. Dalam mata pelajara Bahasa Indonesia di kelas IX.4 materi sukses UNBK dengan membahas soal-soal yang sesuai kisi-kisi 2019-2020 yakni dengan mengajak siswa untuk berdiskusi.

Triksnya sebagai berikut;

1. Siswa dibagi atas 5 kelompok, masing kelompok diberi bahan yang akan didiskusikan. Mereka mencoba mengeluarkan pendapat di kelompoknya masing-masing.

2. Setiap kelompok memperbanyak laporan hasil diskusi dengan memfoto kopi sejumlah siswa di kelas tersebut. Ini dapat membentuk keberanian dan kerja sama termasuk biaya untuk memperbanyak. Mereka akan melaporkan anggota mereka yang tidak mau bekerja dan yang tidak peduli.

3. Sebelum kegiatan berlangsung, mereka menerima bimbingan dari guru sehubungan dengan tata cara berdiskusi. Mereka berusaha untuk memahami triks diskusi yang akan dilakukan. Jika ada yang masih ragu, dengan tampa ragu-ragu mereka akan bertanya.

4. Siswa melaporkan hasil diskusi di hadapan peserta secara bergantian sesuai tata cara yang disampaikan pembimbing tersebut. Mereka punya kekuatan bahwa bicara tersebut tidak lah sesulit yang dibayangkan.

5. Peserta diskusi mengamati serta menyampaikan komentar tentang jalannya diskusi . Dapat memuji, menyanggah, bertanya, atau memberikan masukan. Mereka akan terlatih untuk menghargai hasil kerja orang lain. Rasa percaya diri berangsur-angsur semakin kokoh.

6. Siswa yang bertindak sebagai fasilitator saat itu, menyikapi masukan yang diberikan peserta diskusi dengan penuh santun, tanggung jawab, dan percaya diri.

7. Seterusnya, butuh berlatih dan berlatih lagi. Semakin sering melakukan diskusi semakin hilang rasa grogi itu.

Kesimpulan, untuk menghilangkan rasa Grogi adalah butuh berlatih dan membiasakan untuk berbicara di hadapan orang banyak. Berbicara dihadapan orang banyak salah satu strateginya adalah dengan berdiskusi. Seterusnya bisa berbicara di mana pun dan kapan pun.

Salam Kreatif, Salam Literasi. Feb. 2020

Bersama keluarga besar SMPN 1 Kec. Payakumbuh.

Kepala Sekolah Bapak Ahmad Guntur, S.Pd

Guru Bahasa Indinesia Ibu Sesmi Anggia, S.Pd - Ibu Yetti, S.Pd

Bersama kita bisa, bersama kita semangat.

Belajar menyenangkan pagi ini Rabu, 19 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul Ni Ten...

20 Feb
Balas



search

New Post