Sesmi Anggia

Sesmi Anggia, S.Pd. Lahir di Kota Gelamai Payakumbuh tepatnya Koto Nan Gadang, 27 Juli 1963. Bekerja sebagai guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Kec. Payakumbuh Kab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membentuk Karakter dan Akhlak Mulia

Membentuk Karakter dan Akhlak Mulia

Gurusiana.id

Jumat, 21 Februari 2020 kembali melanjutkan rutinitas sebelum kegiatan jam pelajaran pertama. Di lapangan upacara SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota siswa menyampaikan tausiah di muhadarah pagi ini. Pelaksananya dari siswa boarding Class yang masih duduk di kelas VII. Ibu Eliwarti, S.Pd selaku wali kelas mendampingi siswa dalam acara tersebut, karena bagi mereka adalah tampilan pertama untuk memandu kegiatan tersebut.

Tausiah yang disampaikan tentang Budi pekerti dan akhlak mulia. Penyampaiannya sangat menarik dan materinya juga sangat tepat dikemukakan saat itu. Tekanan suara serta intonasi sipembicara sempat memukau pendengar, karena dengan lembut mengajak rekan-rekannya untuk peduli terhadap nilai-nilai yang ditanamkan. Di antaranya, sikap baik/akhlak mulia mencerminkan karakter yang baik. Karakter yang baik adalah unsur utama dalam kehidupan. Melalui uraian sipembicara, mengajak agar warga sekolah mulai saat itu tidak ada lagi mengeluarkan kata-kata yang akan menyinggung perasaan orang lain. Intinya, isi tausiah menekankan terhadap cara berbicara yang santun. Katanya, bak pepatah "Mulutmu Harimaumu, yang akan menerkam kepalamu". Jika pengontrolan pembicaraan sudah dilakukan semaksimal mungkin, niscaya akhlak mulia akan tercermin. Semua itu merupakan wujud dari pendidikan yang diharapkan. Siswa cerdas, berkarakter, dan berwawasan.

Seiring dengan penyampaian tausiah, kepala sekolah bapak Ahmad Guntur, S.Pd menyampaikan pesan dan motivasi kepada seluruh warga sekolah. Kata Beliau, ilmu yang sudah dituangkan dan sudah kita pahami tentunya akan akan ditindak lanjuti dengan mengamalkannya. Tampaknya, perkembangan kegiatan muhadarah kita yang dilaksanakan setiap Jumat pagi kian meningkat dan banyak ilmu yang bisa kita jadikan pedoman menjalani kehidupan, tutur kepala sekolah saat menyampaikan ulasan.

Terakhir, siswa SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh mengisi selingan dengan melantunkan suara emasnya dalam nyanyian islami. Feb. 2020

Salam Literasi, salam kreatif.

Keluarga besar SMPN 1 Kec. Payakumbuh.

OSIS SMPN 1 Kec. Payakunbuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post